reality show bermutu

Labels:


acara reality show agaknya sudah menjadi sebuah tontonan wajib bagi penduduk indonesia –besides sinetron of course. Alasannya sederhana emang, reality show menjual mimpi banyak orang, sekaligus menceritakan peristiwa yang akrab dan skandal yang berpotensi untuk dipebincangkan dan diberi simpati oleh masyarakat kita.. ga heran kalau reality sow pun hadir dalam berbagai kemasan, ada yang bertajuk cinta, cari jodoh, magic, mistis, religius, atau masalah masyarakat....

Tadi sore, kebetulan karena lagi ga ada kerjaan (lebih tepatnya memalaskan diri untuk tidak menyentuh pekerjaan.. ahahay.. calon istri macam apa aku ini..) nonton RCTI, sebuah acara reality show, MINTA TOLONG. Tahu kan, sebuah acara dimana seseorang yang miskin meminta tolong pada orang lain, biasanya dalam bentuk ingin menjual sesuatu barang dengan harga jauh di atas kwajaran..

Kebetulan yang aku tonton tadi adalah tentang ibu yang ingin menjual ketupatnya seharga 30.000 rupiah. Harga yang cukup mahal menurutku,, apalgi untuk ukuran jogja *waktu shootingnya di jogja*. Dalam 9 jam, 97 orang ga mau nolongin ibu itu.. tapi akhirnya ada juga yang mau nolongin.. seorang ibu2 penjual jagung dan kedelai rebus... dia cuma bisa bayar seharga 25.000,, tapi its okay lah... dan seperti biasanya si ibu baik hati itu diberi uang sama tim minta tolong, dan akhirnya mengungkapkan rasa syukurnya dengan cara sujud syukur dan menangis tersedu... karena ternyata suaminya duah sakit 2 tahun, dan sekarang dia udah punya biaya buat pengobatan..

Waktu ngliat tuh ibu nangis2 sambil sujud syukur, aku langsung merinding abis.. ga tahu kenapa, mungkin tersentuh sama kebaikan ibu itukali ya.. bayangin aja jualan jagung dan kedelai sehari tuh cuma berapa sih.. dia aja jualnya cuman seribuan.. udah gitu di jogja lagi, yang terkenal apa2 murah.. eh tiba2 ditodong suruh beli ketupat yang jelas2 dia ga butuh, dan jelas2 juga dia lagi ngumpulin duit buat ngobatin suaminya, tapi malah uang 25.000 itu ia kasihin.. sempet juga tanya sama talent acaranya, “kamu ikhlas kan kalau saya kasih segini aja..?”.. bisa aja kan itu uang penghasilan dia sehari itu..

Sebenrnya bisa dengan gampang aja ibu itu bilang, “ alah, buat apa beli ketupat, saya bisa bikin sendiri..”, but she choose to give her money without any tuntutan.. sooooo kind, huh?

Mungkin sekarang banyak orang yang bertanya dan penasaran, sama keasliancerita reality2 show itu, udah banyak pula yang berhasil membuktikan kebenaran atau kebohongannya, dan banyak pula yang udah ga mempercayai cerita2 reality lagi. Tapi terlepas dari segala kontroversi itu, aku pikir sebohong apapun acara minta tolong ini, nyatanya acara ini memberi pengaruh positif buat masyarakat kita.. bahwa kita dijarain untuk tolong menolong.. kan sama2 manusia, orang Indonesia lagi..

Yah,, alopun ada juga sisi buruknya.. tar tiap orang jadi mikir kalo mau ngasih sedekah buat orang lain PASTI harus ada return nya, yahh..padahal juga ga gitu2 amat.. return nya kan bisa dalam bentuk pahala..

Atau bisa juga sebelum nolongin orang lain, dilihat dulu apa dia merupakan talent dari acara Minta tolong atau bukan, kalau iya, baru deh ditolongin,, ahaha.. ya ga gitu juga.. yang kita ambil adalah sisi positifnya lahhh...


kalau kita ga nolong orang lain, siapa yang bakal nolongin kita...?

0kata temen-temen: