aktualisasi diri

Labels: ,

oke, mungkin aku denger kata "aktualisasi diri" adalah ketika baca buku "princess diary's" nya Meg Cabot.

waktu itu masih susah ngerti apa sih arti dari aktualisasi diri, dan sebenernya males juga cari tahu. tapi ngga tahu kenapa tadi waktu kuliah SISMIOP, kok memandang dosennya, tiba2 keinget AKTUALISASI DIRI. trus browsing deh di mbah google, apaan sih sebenernya arti kata sulit ini??

Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Istilah ini digunakan dalam berbagai teori psikologi, seperti oleh Kurt Goldstein, Abraham Maslow, dan Carl Rogers. Goldstein adalah ahli yang pertama melihat bahwa kebutuhan ini menjadi motivasi utama manusia, sementara kebutuhan lainnya hanyalah manifestasi dari kebutuhan tersebut. Namun yang membuat istilah ini lebih mengemuka adalah teori Maslow tentang hirarki kebutuhan, yang menganggapnya sebagai tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi dan pengaktualisasian seluruh potensi dirinya mulai dilakukan.
nah, kira2 jawaban dari wikipedia adalah seperti itu... tapi selain itu, arti dari aktualisasi diri antara lain suatu keadaan dimana seorang manusia merasa menjadi dirinya semdiri, senang melakukan apa yang saat ini sedang ditekuninya, dan merasa berguna bagi orang lain.

pertanyaannya, apakah saat ini banyak orang yang telah mencapai aktualisasi dirinya? apakah banyak orang udah merasa menggunakan kemampuan maksimalnya? atau bahkan merasa berguna sebagai seorang ondividu bagi kepenyingan orang banyak dan bahagia karenanya?

dalam banyak kasus--terutama yang terjadi di sekitar lingkunganku--ternyata ga banyak orang yang menikmati apa yangs edang dikerjakannya. banyak pegawai yang mengeluh kerja lantaran bidang yang saat ini dikerjakannya melenceng jauh dari minatnya, dan gara2 itu pula dia enggan mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam pekerjaan itu.

aku sendiri sampai saat ini masih yakin bahwa aku belum bisa mencapai aktualisasi diri yang maksimal. kuliah masih sering nyambi browsing, smsan, atau bahkan tidur. kerja di organisasi juga ga maksimal, kurang berdedikasi. kerja sambilan juga masih ogah2an *tapi tetep minta gaji ngalir terus*. payah lah pokoknya.


nah, untuk menemukan aktualisasi diri ini, sebenernya cukup banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya melalui penyelaman pribadi individu. Apa sih sebenernya yang kamu inginkan? apa sih yang ada dalam otakmu? apa kelebihan dan kekuranganmu? pokoknya hal-hal umumlah, dan yang biasanya mucul di pertanyaan2 psikotes itu... 

yang kedua adalah dengan cara membuka pikiran... maksudnya adalah, mencoba untuk memandang sesuatu secara lebih objektif dan terbuka.. cover both side gitu deh maksudnya.. dan terutama, poin yang ingin aku sampaikan adalah, cara pandang kamu terhadap nikmat yang telah diberikan Tuhan : cara bersyukur. dan bagaimana memaknainya... pengen contoh? klik.


yang ketiga adalah, memperkaya jasmani dan rohani. Makan makanan yang sehat. emang sih sekilas ga ada hubungannya, cuman kalau dipikir2, makan makanan yang sehat itu kan artinya kita menghargai tubuh kita, memberi sesuatu yang sehat kepada raga, dan kalau raga nya sehat, insya Alloh diikuti sama hati yang gembira *mana ada sih orang sakit yang ngerasa seneng*. memperkaya jasmani juga bisa dengan membaca banyak buku. walopun sekarang udah jaman canggih, teknologi ada di mana-mana, tapi menurutku ga ada yang bisa ngalahin kehebatan buku. apa aja ada di buku *walopun agak ribet sih kalo mo cari2 sesuatu*. tapi justru disitulah asiknya!. kemudian memperkaya rohani ya taulah artinya apaan...


then, kalau udah mencapai aktualisasi diri, trus kita mo ngapain?? weits,,, ini ga segampang bayangnnya... bukannya aku nakut2in.. tapi ada seseorang yang bilang ke aku, bahwa "the best is never rest".. bisa ambigu sih artinya:
1. kalo mau yang terbaik, jangan pernah beristirahat
2. yang namanya terbaik itu, ga akan pernah abis dikejar. *intinya di atas langit masih ada langit*


kedua-dua arti di atas sah-sah aja dan bagus2 aja kok... jangan menyerah ya! karena...
Do your best, and God will do the rest!




0kata temen-temen: