tips menuangkan uneg-uneg di blog

Labels:


kata sebuah artikel di detik.com, ada beberapa tips sebelum posting sebuah artikel di blog *biar terhindar dari kasus yang dialami prita mulyasari, atau kasus2 serupa*, sejauh yang aku inget :
1. cari sumber yang akurat.artinya, untuk mendukung apa yang kamu tuliskan, sertakan data2 pendukung untuk memperkuat bukti dan argumentasi, misalnya foto peristiwa, atau link yang mendukung. supaya kalo misalnya ditanya, "ini dapet darimana," kamu udah siap dengan bukti2 pendukung

2. setelah membuat tulisan, sebisa mungkin jangan langsung diposting. baca dulu berulang. atau misalnya ingin mengungkapkan kekesalan, tunggu sampai emosinya reda dulu. jangan langsung ditulis, supaya bener2 objektif, bukan subjektif. dan supaya lebih bisa dipikir dulu dengan akal sehat dan kepala dingin, bukan dengan emosi.

3. kalau harus menyebutkan merk, atau nama, jika itu adalah sebuah kritik yang cukup tajam dan kita tidak berani ambil risikonya, cukup dengan memberikan inissial, singkata nama, atau ciri2. misalnya "bapak yang selalu berjas warna hijau" atau "m*rsono". meskipun tidak secara terbuka, pembaca akan mengetahui dengan sendirinya.

nah, kurang lebih kaya gitu lah. selamat posting!


1 kata temen-temen: