New Moon : bulan yang benar-benar baru

Labels:




Yeah,, akhirnya nonton new moon juga.. Setelah ditunggu2 oleh seluruh twilighters di seluruh dunia. Kira-kira hampir 9 bulan menunggu (kaya ibu hamil aja) dan di bulan november 2009 ini keluarlah versi motion picture dari novel best seller Stephenie Meyer ini.


Seperti bisa diduga, seluruh pembelian tiket antri dan fully booked. Bahkan ngga jarang bioskop sampe menyediakan dua studio khusus buat film ini. Cuman sayangnya tanggal rilisnya di 20 November 2009 *buat di USA, dan sekitar tanggal 30an di Indonesia* ini  masih berbarengan dengan diputarnya film 2012, beserta semua bumbu kontroversinya.


Maka jadilah, saingan yang cukup ketat untuk kedua film ini. Bahkan di daerahku sendiri (b*nt*ro), kayanya lebih banyak yang minat sama 2012 ketimbang film new moon.


It's okay lah,, yang penting sekarang resensinya.


Berdasarkan novelnya sendiri, di sekuel yang ini diceritakan bahwa Isabella Swan yang semula pacaran dengan Edward Cullen, harus mengalami patah hati karena Edward meninggalkannya. Kemudian di tengah depresinya Bella, dia menemukan "matahari"nya, yaitu sahabat dekatnya : Jacob. Berkat Jacob, hidup Bella menjadi bersemangat kembali, namun kemudian bella pun semacam menjadikan Jacob sebagai pelariannya, karena ia tahu di dalam hati kecilnya ia masih sangat mencintai Edward. Padahal saat itu Jacob sudah menyatakan rasa cintanya pada Bella.


Konflik cinta segitiga yang tak lazim antara  manusia-vampir-serigala ini sebenarnya menyuguhkan cerita yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Walaupun dibumbui oleh hal-hal mistis dan fantastis, namun sebenarnya rasa patah hati, rasa ditinggalkan, masalah cinta tak terbalas, dan hal-hal manusiawi yang dirasakan Bella ini sangat jelas menerjemahkan apa yang biasa dialami oleh banyak orang. Alasan itulah yang membuat film dan novelnya banyak disukai orang.


Sedangkan untuk filmnya sendiri, dari pengakuan sutradaranya, Chris Weitz, sangat berusaha untuk menampilkan sisi patah hati nya Bella, karena itu adalah inti utama dari cerita New Moon. Dan akhirnya film ini dibuat sedemikian persis mengikuti alur novelnya.


Kelemahannya adalah, aku rasa bagi yang belum pernah membaca novelnya, atau minimal melihat film pertamanya, Twilight, akan dibuat sangat bingung dengan alur dan penokohan, karena film ini sangat padat, sehingga tidak ada tempat untuk memperkenalkan para tokoh. *temen sebelahku aja nanya-nanya ini-itu saking ngga ngertinya*.


Kekurangan yang lain, film ini berjalan dengan sangat cepat, terutama bagi yang pernah baca novelnya. Karena di novel, perasaaan-perasaan Bella tergambar dengan sangat jelas dan lambat, sehingga mungkin akan sedikit tersandung-sandung. Namun mungkin memang disitulah letak keterbatasan film, hanya dengan 120 menit harus mampu menjelaskan semuanya, jadi kita pun ngga boleh berharap lebih.


Kelebihannya adalah, kualitas gambarnya cukup lumayan. Dengan semacam gambaran werewolf yang tampak lumayan nyata, sehingga waktu itu aku bener-bener jadi tahu bagaimana sih wujud werewolf yang bermata coklat dan bulu coklat kehitaman itu.


Satu hal lagi dari film ini yang agak mengganggu adalah endingnya yang terkesan dipaksakan, karena sangat tiba-tiba datengnya*menurutku loh*. Yeah, but overall filmnya bagus, mampu mengobati kerinduan untuk melihat acting Kirsten Stewart beradu dengan Cedric Diggory, upss.. maksudnya Robert pattinson. Selamat mengoleksi filmnya!

0kata temen-temen: