are you a bookworm?

Labels: , ,


pernah ngga beli banyak buku untuk kemudian cuma dipajang di rak buku? aku sering. bahkan sampai plastik pembungkusnya aja belom dilepas. Tapi ngga tahu kenapa tiap ada pameran buku atau lagi jalan ke toko buku pasti ada aja yang pengen dibeli. Begitu sampai rumah, udah lupa lagi.

Nah, sekarang aku mau kasi tips supaya efektif membeli buku :

1. Apa yang kamu butuhkan?

Prinsip dasar berbelanja adalah membeli apa yang benar-benar kamu butuhkan. Begitu juga dengan belanja buku. Mungkin waktu jalan-jalan di pameran buku, kamu bakal tergiur dengan banyaknya buku bagus dan murah. Tapi, belanjalah apa yang memang penting dan kamu butuhin saja. Kalau tergiur karena murahnya, jangan khawatir. Tahun depan atau di event lain pasti masih ada yang berjualan buku murah. Jangan membeli buku hanya karena harus beli buku pada saat itu juga.

2. Rekomendasi dari teman

Ini masih ada hubungan sama nomor satu. Mungkin kamu melihat ada sebuah novel yang kelihatan bagus. Baik dari segi cover ataupun sinopsis di belakang buku. Tapi tunggu dulu, jangan keburu bawa ke kasir. Alangkah lebih baik kalau kamu tanya temenmu yang udah pernah baca buku itu, bagus atau engga. Atau kamu juga bisa browsing, sekarang kan jamannya internet. Search aja resensi buku yang kamu mau. Nilai baik dan buruknya. Baru putuskan untuk membeli atau tidak (kalau udah ada temen yang punya mending pinjem aja dulu, hehehe)

3. Segera baca apa yang kamu beli.

Belajar untuk tanggung jawab. Membeli buku mungkin adalah sebuah investasi, namun apa gunanya kalau cuma digunakan sebagai pemanis ruang tamu?. Begitu sampai di rumah, bukalah sampul buku dan baca-bacalah sebentar. Kalau memang sedang sibuk dan tak ada waktu. bacalah sebagai pengantar tidur. Sebuah buku tidak ada gunanya kalau tidak dibaca, kawan. Dan jangan lupa disiplinlah terhadap diri sendiri. Kecuali untuk yang mendesak, batasi dirimu untuk tidak membeli buku sebelum buku terakhir yang kamu beli sudah habis dibaca.

4. Pinjamkan pada teman.

hei, apa salahnya meminjamkan buku koleksi pada teman? Mungkin sebagai orang yang sibuk, kita jarang punya waktu untuk membaca semua buku koleksi sendiri. maka, ngga ada salahnya kalau mengundang teman untuk membaca buku kita. Siapa tahu, begitu dia selesai baca, dia akan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang membuatmu ingin membacanya juga. Terkadang, membiarkan orang lain membaca bukumu terlebih dahulu justru akan memacu motivasi kita untuk segera membaca buku yang sama. tapi inget, bukunya harus dijaga baik-baik, jangan sampai lecek karena tidak hati-hati saat dipinjamkan.

5. Buka perpustakaan

Ngga ada salahnya berburu dan mengoleksi buku. Bahkan buku adalah harta yang sangat penting untuk kita miliki sebagai warisan kepada anak-anak. Terlalu sibuk? Berdayakan saja gudang di rumah untuk menjadi perpustakaan kecil bagi anak-anak tetangga yang mungkin tidak mampu membeli buku sebanyak anda. Selain menambah pengetahuan, juga menambah pahala juga lho.

6. Buatlah resensi.

Mungkin ini adalah opsi yang sulit kalau kita hanya memiliki sedikit waktu. namun, menulis resensi buku membuat mu ingin terus menambah panjang daftar resensi mu, dan selanjutnya membuatmu ingin membaca, terus, dan terus membaca. Membuat resensi buku untuk kemudian dipajang di blog juga akan membuatmu dikenal sebagai seseorang yang suka membaca dan bisa dijadikan referensi bagi orang lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari itu!


Ayo, ambil bukumu yang masih bersampul plastik itu, dan mulai baca. Selembar demi selembar, lama-lama menjadi berlembar-lembar. hehehe.

The man who does not read good books has no advantage over the man who can't read them.  ~Mark Twain,

1 kata temen-temen: