3 idots

Labels:

Nah, beberapa waktu lalu aku sempet nonton 3 idiots, dan maaf, telat banget kasih reviewnya. untuk temen-temen yang sudah nonton, yuk bagi-bagi ceritanya.

Setahuku, tahun ini udah ada 2 film Bollywood yang aku rasa pantas untuk ditonton, bahkan sangat layak untuk dinikmati siapa saja. Yang pertama My Name Is khan yang udah aku bikin reviewnya, dan yang kedua yang ini, 3 Idiots.

Awalnya aku ngga ngerti kenapa film yang judulnya rada aneh ini bisa menyita begitu banyak perhatian. Dan ternyata oh ternyata, 2 thumbs up! Sori kalau aku berlebihan, tapi cerita dan pesan moral dari film ini layak diapresiasi, film ini sangat cocok untuk para orang tua dan guru yang hendak menjejali anak mereka dengan sesuatu.

Adalah Ranchodas Syamaldas Chanchad (emang agak susah melafalkan namanya, selanjutnya dipanggil Rancho, diperankan dengan sangat ganteng oleh Aamir khan) yang masuk ke dalam sebuah universitas ternama India, ICE. Sekolah ini adalah sekolah tinggi tempat orang-orang yang ingin menjadi insinyur kelak. Dan di dalamnya, Rancho berteman baik dengan Farhan dan Raju, yang kemudian ketiga orang ini dipanggil Idiots.

Alasannya sederhana, karena mereka bertiga seolah tidak pernah berhenti untuk berbuat sesuatu di luar kebiasaan, yang akhirnya dianggap aneh dan menyalahi aturan oleh pihak universitas (terutama rektor yang dijuluki VIRUS). Semakin lama, tingkah mereka bertiga semakin tidak dapat dibendung, tak terkira betapa bencinya virus terhadap mereka bertiga, terutama terhadap Rancho yang dianggap biang keladi dari semua tindakan bengal tersebut.

Cerita bergulir tentu saja tanpa bisa lepas dari dramatisasi dan nyanyian dan tarian yang khas India sekali itu (biasanya langsung aku skip..skip..skip..). Berbagai tindakan spontan Rancho yang penuh dengan inovasi dan ide-ide segar tentang dunia pendidikan yang sebenarnya, membuatnya menghadapi berbagai kesulitan, namun ajaibnya selalu tersedia jalan keluar baginya dan bagi teman-temannya.

Sepanjang 3 jam (yang terasa sangat panjang padahal sudah dikurangi oleh skip..skip.. tadi), kita akan disuguhi banyak sekali pesan moral, bahwa sebagai orang tua hendaklah menanyakan "Apa yang paling diinginkan oleh anaknya?", jangan hanya memaksakan kehendak seakan bisu dan tuli terhadap jeritan bisu batin anaknya.

Sebagai anak juga harus bisa megkomunikasikan dengan baik keinginannya dengan orang tua, agar tercipta suatu hubungan yang sehat antara ayah-ibu-anak, dan tercipta keharmonisan tanpa harus mengorbankan hidup salah satunya. Selain pesan pendidikan orangtua-anak, juga disisipkan semacam kritik terhadap dunia pendidikan di India (dan sepertinya hampir mirip di Indonesia juga). Bahwa selama ini spertinya proses pendidikan hanyalah proses penjejalan segala macam teks, gambar, kata-kata berbunga-berbunga yang ada di buku untuk dihapal oleh murid. Guru akan sangat senang jika muridnya mampu menghapal dengan baik persis seperti di dalam buku, tanpa peduli apakah murid-murid mengetahui atau hanya sekedar hapal.

Pendidikan juga sepertinya menempatkan guru dalam posisi yang paling tinggi dan serba tahu, tidak dapat didebat dan tidak boleh dipertanyakan. seakan ada peraturan bahwa segala apa yang dikatakan guru itu selalu benar, murid hanya wajib mendengarkan, tidak boleh mengritik. Ukuran kualitas sekolah hanyalah seberapa tinggi peringkatnya di tingkat nasional, para murid dilatih untuk mengikuti sebuah perlombaan cepat-cepatan tanpa tahu apa yang sedang diperlombakannya.


Dan rancho muncul dengan memporak-porandakan semua aturan kolot di atas. Untunglah dengan otak cemerlangnya, dia akhirnya mampu keluar sebagai lulusan terbaik dan berhasil mendirikan sebuah sekolah yang di dalamnya, semua muridnya bebas belajar, tanpa ada tekanan, tanpa ada perlombaan. Rancho mampu mewujudkan mimpinya.

Bagus kan pesannya? walaupun terbilang sangat lama, namun cerita 3 idiots sangat menghibur dan komplit, mulai dari drama cinta, komedi, persahabatan, dan pesan moral. Semua bisa kamu dapetin dalam satu paket!. buatku, film ini pantas mendapat 4 stars out of 5. Terakhir, All is well.. all is well... selamat menonton!

7kata temen-temen: