Kotak Pandora

Labels: ,

 Pernah denger Pandora? Bagi yang belum,sini-sini aku ceritain.


Pada suatu negeri di Yunani, ada sebuah perkampungan yang tidak pernah diliputi penderitaan. Semua warganya suka cita, bahagia, tak pernah punya masalah. Kegiatan sehari-hari mereka adalah bernyanyi, berkumpul, dan menari bersama tetangga dan saudara-saudara.

Di kampung itulah Pandora dan suaminya, Epimetheus tinggal. Mereka berdua hidup bahagia. Suatu ketika, seorang dewa yaitu Mercury lewat di depan rumah Pandora. Pandora dan suaminya melihat Mercury sangat kepayahan, dia memanggul sebuah kotak yang besar dan kelihatan berat. Mercury pun berkata pada Pandora dan suaminya, "Bolehkah aku menitipkan kotak ini di rumahmu? Aku harus menempuh perjalanan yang sangat panjang dan kotak itu memperlambat perjalananku".



Pandora dan suaminya mengiyakan. Sebelum pergi, Mercury sempat berpesan kepada mereka berdua untuk tidak membuka kotak tersebut sampai dirinya kembali. "Memangnya apa yang ada di dalam kotak tersebut?", tanya Pandora. "Maaf,aku tak bisa mengatakannya padamu", jawab Mercury sembari melayang pergi meninggalkan kedua pasangan bahagia itu.

Semenjak kepergian Mercury, Pandora selalu saja ingin tahu dan menduga-duga apa yang ada di dalam kotak tersebut. Selain berat dan besar, ternyata kotak itu kotak yang sangat indah, berhiaskan ukiran-ukiran yang sangat antik dan di tutup kotaknya terdapat sebuah replika kepala manusia yang sedang tersenyum. Dan yang lebih aneh lagi, kotak itu bisa berbisik--dari dalam kotak keluar suara-suara aneh seolah ada makhluk yang terkurung di dalamnya. Hal itu membuat Pandora semakin penasaran.

Ketika Epimetheus pergi, Pandora pun berpikir,"Ah, masalah apa sih yang akan terjadi.Toh aku hanya akan mengintip sebentar saja. Pasti tidak akan menjadi masalah besar. Lagi pula, Mercury sudah berhutang budi padaku dengan menitipkan kotak ini di rumahku", pikir Pandora. Kemudian, secara perlahan ia membuka tutup kotak itu. Tak di sangka, dari celah kotak yang sempit terdengar suara,"Bukalah lebih lebar lagi, Pandora. Di sini gelap dan sempit sekali". Pandora pun membuka seuruh tutup kotak tersebut, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah hal yang tidak dapat ia mengerti.

Dari dalam kotak keluarlah makhluk-makhluk mirip ngengat yang berwarna hitam dan masing-masing membawa nama diri; kebencian, kemarahan, musibah, rasa iri, penyesalan,dan segala macam sifat buruk yang ada di dunia ini. Pandora kaget, ia tidak tahu apa yang telah dilakukannya, dengan segera ia menutup kembali kotak tersebut sebelum semua makhluk di dalamnya keluar.

Epimetheus yang segera mengetahui hal ini marah besar kepada Pandora. Ia telah menyalahi kepercayaan yang diberikan Mercury kepada mereka berdua. Di tengah kemarahannya, tiba-tiba terdengar sebuah suara dari dalam kotak."Tolong keluarkan aku..", suara itu memohon lirih dan lemah. "Karena sudah telanjur kau bongkar semuanya, sekalian saja bebaskan makhluk itu", teriak Epimeteheus kepada istrinya.

Dengan rasa takut, Pandora kembali membuka kotak tersebut, dan keluarlah seekor makhluk yang bersayap putih dan tubuhnya berkilau. Dia berkata,"Terima kasih telah membebaskan aku. Meskipun makhluk-makhluk yang lain telah kau bebaskan,aku akan berusaha menangkapmereka dan menyembuhkan manusia yang terkena sengatannya," ucap makhluk bersayap putih itu kepada Pandora.

Makhluk kecil bersayap putih itu bernama HOPE--harapan.


******

Dari cerita inilah banyak banget istilah yang muncul tentang Kotak Pandora, yaitu kotak yang terlarang untuk dibuka, karena kotak itu berisi penderitaan yang akan jauh lebih baik kalau dibiarkan tertutup saja. Bisa diambil hikmah nya bukan, kawan-kawan??

Pertanyaannya adalah, mengapa dari awal Mercury tidak menjelaskan saja apa isi kotak itu pada Pandora ya? :)

****
masih ada giveaway 5 buah buku loh. mau ikut? klik di sini

35kata temen-temen: