Manusia bermartabat atau Budak?

Labels:

Manusia bermartabat adalah manusia yang menaati peraturan dan menghindari pelanggaran ketika bahkan tidak ada seorang pun yang melihatnya, atau menilainya. Hanya seorang budak saja yang menaati peraturan ketika dilihat, ketika disuruh, dan melanggarnya ketika tidak ada orang yang mengawasinya. Bukankah hanya budak yang harus dicambuk atau dibentak dulu sebelum melakukan sesuatu?

Contohnya, jam menujukkan pukul 12 malam, jalanan sudah sepi, dan kamu bertemu dengan lampu merah di jalan, sedangkan waktu itu sudah tidak ada polisi, atau bahkan kendaraan lain. Apa yang kira-kira dilakukan? Melaju terus seolah tidak pernah ada lampu merah di sana atau berhenti meskipun kamu adalah satu-satunya orang yang ada di situ?

Sedikit tertohok juga sih dengan cerita dosenku di atas. jangankan ngga ada orang, lha wong ada banyak orang aja tetep ngelanggar kok. hahah. Aku seneng kalau diajar dosen etika profesiku yang satu ini, tiap pertemuan pasti dikasih petuah-petuah, yang kadang nyindir atau menohok, tapi Mantap gan!

Jadi menurutmu?

8kata temen-temen: