Tanah Air Beta

Labels:


Tatiana adalah orang tua tunggal, ibu dari Merry dan Maoru. Merry dan Maoru terpisah karena adanya referendum di Timor Lorosae, Tatiana dan Merry menyelamatkan diri ke wilayah Indonesia, sedangkan Maoru masih berada di Timor Timur. Suasana kacau, dan tiap orang sibuk mencari anggota keluarganya yang hilang.


Di masa pengungsian itulah hidup Tatiana dan Merry berlanjut. Bertetangga dengan Abu Bakar yang selalu berusaha belajar membaca, atau dengan cik siren pedagang cina yang baik hati, atau dengan Carlo, teman merry yang jahil namun sebenarnya baik hati.


Konflik utama di film ini adalah kerinduan antara Tatiana dan Merry dengan Maoru. Tatiana yang rajin mendatangi perbatasan pun akhirnya mendapat kabar tentang keberadaan Maoru, namun kabar tersebut ternyata harus dibarengi dengan pesan dari Maoru yang berkata bahwa dirinya tidak mau bertemu Tatiana, dia hanya ingin bertemu dengan Merry saja. Kabar ini memperburuk keadaan Tatiana yang sedang sakit.


Mengetahui hal ini, Merry pun berusaha untuk menemui kakaknya sendiri. Ditemani Carlo, penonton akan diajak utnuk menyusuri alam nusa tenggara timur, yang menawarkan keindahan sekaligus keganasannya. Ending yang bahagia juga menanti dari film ini.


***
Di antara film produksi Alinea lainnya, menurutku Tanah Air Beta merupakan film yang paling rendah kualitasnya, baik dari segi gambar, maupun dari unsur cerita. Jujur, dulu aku suka dengan film nya yang berjudul King, meskipun itu adalah film untuk anak-anak, namun rasanya tidak "sekosong" film yang satu ini. Aku sejak awak sudah berekspektasi bahwa konflik di film ini akan lebih dalam dari sekedar seorang adik yang mencari kakanya, yang terpisah hanya dengan jarak 8 jam perjalanan tanpa hambatan yang berarti. I want more than that! But, i was dissapointed by this movie.


Setelah nonton tuh yang,"Oh, cuma gitu doank?", dan sangaaat banyak keanehan yang muncul sepanjang jalan cerita. Seperti mata uang yang dipakai adalah mata uang yang sekarang berlaku (Padahal peristiwa Timor Timur sudah berlangsung lama banget), dan kisah yang sepertinya hanya setengah-setengah, tidak coba diperdalam. Ah, tapi entah juga sih, aku bukan seorang expert dalam bidang film. Yang pasti aku kecewa dengan Tanah Air Beta ini.


***
Jangan Lupa ada giveaway 5 Buah buku. Liat di sini ya

11kata temen-temen: