What is Your Purpose?

Labels:


Apasih sebenernya alesanmu ngeblog?

Banyak yang mengatakan ngeblog itu bisa untuk latihan menulis, atau untuk sekedar menungkapkan uneg-uneg. Atau ada juga yang menggunakan blog untuk menjalin persahabatan di dunia maya, dan sah-sah juga mengatakan kalau blog dimanfaatkan untuk berbisnis *lirik bukumoo

Jika aku ditanya seperti itu, mungkin 2/3 tahun yang lalu aku bakal jawab dengan polosnya bahwa aku ngeblog karena pengen nulis aja. Just write, not else. Tapi sekarang, aku jadi ngerasa bahwa tujuanku ngeblog udah ngga semurni dulu lagi *ceileh.. And the reason is, ternyata ada banyak hal yang menyenangkan (dan tidak menyenangkan) di dunia blog.

Awal dulu aku pernah agak tercengang, karena dunia blog itu ternyata sangaaaat luas*katrok banget deh* , "hei, ada banyak banget blog diluar sana..." aku kaya orang yang baru dikeluarin dari penjara 50 tahun dan terheran-heran melihat pemandangan di luar yang ternyata crowded banget. Belum sembuh rasa kagetku, muncul ada award berseliweran di sana-sini--dan aku ngga mendapat satupun. Rasanya dulu ngebayangin kalau dapet award tu hebat bangett.. ngarep dapet award tapi ngga tahu gimana caranya. Dapet follower satu aja rasanya udah selangit, komentar cuma sebiji aja udah lonjak-lonjak.

Dan kenyataan bahwa sekarang award sudah menggunung (bahkan ada beberapa yang belum ditampilin) follower dan followingku juga udah bertumpuk (meskipun ngga bisa dibilang banyak banget), ternyata membuai, sangat memabukkan, membuat aku lupa tentang tujuan awalku bergabung di blogspot ini.

My point is, beberapa saat yang lalu aku sempet berpikir bahwa komentar, follower, pagerank, visitor count, cbox, adalah segalanya di dunia perbloggeran. I know, these things emang ngga terpisahkan dari dunia maya, dan ngga bisa dipungkiri hal-hal tadilah yang menyuntikkan semangat untuk selalu keep posting and blogwalking and making friend and so on. Tapi, kok jadi gini ya? ketika ada orang yang cuma nulis satu kalimat *misalnya* trus komentarnya buanyakk. sedangkan ketika ada yang udah bikin posting sedemikian rupa sehingga tapi komennya cuma seupil, rasanya jadi sering mikir "Dunia ini ngga adil". *lebay*

Dan yang paling membuat jengkel adalah, ketika banyak orang yang memakai cara aneh untuk menggaet visitor ke blog mereka. Misalnya dengan meninggalkan komentar bernada sama : hai, ditunggu kunjungan baliknya ya. Ugh. Jujur dulu aku pernah hampir nyrempet ke komentar-macam-itu tapi akhirnya aku sadar kalau aku digituin aku juga ngga bakal suka.

Kadang emang rasanya aneh ketika blogku ngga ada yang ngunjungin, tapi komentar akan datang dengan sendirinya kok, meskipun sampai sekarang juga jumlahnya ngga spektakular. Tapi bukankah itu menunjukkan seberapa kualitas kamu menulis, atau seberapa besar kualitas kamu berteman di dunia blog?. Kalau aku sih jujur karena jarang blogwalking aja, jadi ngga ada kewajiban orang lain buat berkunjung ke tempat sampah ini. Tapi aku lebih melihatnya sebagai ukuran bahwa hasil tulisanku setelah berlatih selama +/- 3 tahun ini belum menunjukkan kemajuan. Dan pemikiran ini seenggaknya bisa mengembalikan mood menulisku setelah menghilang selama beberapa minggu terakhir.

Jadi, apa sih tujuanmu ngeblog?

10kata temen-temen: