Be Positive

Hello there!

Lagi pengen share nih sama temen-temen blogger. Siapa tahu nanti ada yang punya pengalaman yang sama denganku. Jadi, beberapa waktu yang lalu aku sempat memeriksakan diri ke RS. Dharmais di daerah Slipi sana. Nah, setelah melalui serangkaian test, 2 hari kemudian diberitahukan bahwa aku punya tumor jinak di payudara. 

Jujur, waktu itu aku udah mempersiapkan diri untuk kondisi terburuk, jadi setelah tahu bahwa benjolan di dada sebelah kiriku ini adalah tumor jinak, aku luar biasa bersyukurnya. Yah, walaupun tetep nyesek juga karena akhirnya apa yang aku takutin sekarang bener-bener udah ada buktinya dengan hasil diagnosis dokter. 


Satu benjolan besar di sebelah kiri dan belasan benjolan kecil di payudara kanan dan kiri yang menyebar. Duh, merinding juga waktu dokter bilang harus operasi pengangkatan. Anjing yang paling jinak pun suatu waktu akan menggigit, jadi kita ngga pernah tahu kapan yang jinak-jinak ini akan menjadi berbahaya bagi tubuhku, begitu kata dokter. Aku hanya ngangguk-ngangguk. Operasi?? sama jarum suntik aja aku udah keder setengah mati (sampe pingsan-pingsan segala...)


Well, aku dan suamiku menganggap bahwa ini adalah semacam "sentilan" dari Tuhan, agar aku lebih menjaga kedekatan denganNya, entah dengan cara ibadah lebih rajin, sedekah lebih rajin, ngaji lebih rajin, dll. Dan selama menabung untuk biaya operasi yang -sangat- menyesakkan kantung kita berdua itu, kita sambil mencoba untuk menjaga pola hidup sehat, dengan cara makan sayur dan buah yang banyak, trus mengurangi makan-makanan yang diawetkan dan banyak MSG (selamat tinggal bakso, nugget, sosis, T.T) trus juga makanan yang dibakar-bakar ( i have said goodbye to SATE ayam favoritku... ).


Buat temen-temen (terutama cewek) yang lebih rentan kena tumor/kanker, sejak dini, yuk periksa sendiri payudara kalian. Kita selalu menganggap bahwa penyakit-penyakit ini cuma menimpa orang-orang lain, wanita-wanita lain yang jauh dari kehidupan kita. Tapi kita ngga pernah tahu bahwa kita sendiri bisa kena. 


Caranya gampang banget dan ngga makan waktu lama kok. Bisa dilakukan pas mandi atau sebelum tidur. Berdiri/berbaring dengan lurus dan tegap, angkat satu tangan ke belakang kepala, gunakan tangan yang satu untuk mulai memeriksa payudaramu, ditekan dan diraba secara perlahan sambil dirasakan apakah ada yang terasa ngganjal atau engga. Kalau ngga ada, udah deh.. tidur dengan nyaman dan tenang.. Kalau udah ada gejala-gejalanya, silakan segera hubungi klinik terdekat buat konsultasi. Oya, periksanya ini juga harus rutin loh ya, bisa sebulan sekali, atau 2 bulan sekali. 


Karena kita ngga pernah tahu apa yang akan terjadi di hidup kita. So, take care of your self before its too late :)


Oya, sampai sekarang aku dan suamiku yakin bahwa tanpa operasi pun aku bisa sembuh. Ini merupakan salah satu pikiran positif yang kadang berguna buat mengusir pikiran-pikiran negatif. Selain itu juga kita lagi coba pake obat-obatan herbal buat ngurangin besarnya benjolan. Buat yang punya pengalaman yang sama dan pengen tahu lebih jauh, simply contact me via comment below or just email me at arblossom@gmail.com.


be good and be happy ;)

12kata temen-temen: