Transjakarta vs Patas 46


Kalau aku si pengguna patas 46 saja sudah bingung, apalagi supir dan kondekturnya? Bahwa penghapusan 15 trayek bus reguler -- termasuk patas 46 -- mulai Februari 2011 ini menuai banyak protes, itu sudah pasti. Gimana engga? Pertama, orang yang biasa naik patas 46 dan bus reguler lain, maksimal cuma bayar 2.500 rupiah aja. Sedangkan jika kita naik transjakarta, harus bayar 3.500.


Belum ditambah dengan ketidakmampuan bus TransJ untuk berhenti di tempat-tempat strategis bagi para penduduk urban untuk meneruskan perjalanannya. Aku ambil contoh, para pegawai kantoran di sepanjang jalan Gatot Subroto, yang dengan mudah bisa berhenti di dekat Manggala Wanabakti untuk kemudian bisa meneruskan perjalanan jalan kaki menuju stasiun Palmerah. Sedangkan TransJ, mana bisa berhenti sembarangan? Pengguna harus berhenti di halte slipi dan jalan jauuuuhh untuk sampai di stasiun Palmerah.


Berhenti sampai di situ? Mari kita lihat dari sisi sopir dan kondektur bus reguler. Mereka diminta untuk berhenti dan trayek busnya dihapus tanpa diberi waktu untuk mencari pekerjaan lainnya. Memangnya pemerintah mau ngasih makan anak istrinya?


Pemerintah DKI Jakarta mengklaim bahwa penghapusan trayek bus reguler ini demi mengurangi kemacetan di sepanjang jalan Gatot Subroto, baik yang menuju ke Grogol maupun yang menuju Cililitan. Pendapatku pribadi, klaim ini sangat ngga berdasar. Yang Jakarta butuhkan saat ini adalah memperbanyak kendaraan umum yang dapat mengangkut penumpang secara massal. Ya, memang mereka menyediakan TransJ sebagai solusi. Tapi apa bedanya kalau mobil pribadi kian banyak? Apa bedanya kalau dengan adanya bus TransJ malah banyak orang akhirnya memilih untuk kredit motor dan tetap tidak memilih opsi bus TransJ ?.

Akhirnya, aku dan banyak orang lain yang biasa menjadi pengguna bus reguler hanya menjadi korban. Si sopir dan kondektur bus reguler yang jumlahnya ratusan itu juga jadi korban. Siapa yang untung sekarang?

Buat yang senasib sepenanggungan, berikut ini informasi bus reguler yang trayeknya akan dihapus, mungkin mulai minggu depan. 

Patas AC 13, Patas 46, Patas 37 , Patas 43, Patas 41, AC 18, Patas 6B, Patas 6A, Patas 6, Patas 39, AC 26, AC 74, Patas 8, Patas 8A, AC 07, AC 82, AC 25, AC 04, Patas 17A, Patas 50, Steady Safe 948, Steady Safe AC 67, Steady Safe AC 65, Bianglala AC 107, Bianglala AC 120, Bianglala Patas 89, Bianglala 954.

7kata temen-temen: