Perjuangan ASI

si Langit bentar lagi udah 6 bulan. Ya ampun cepet banget yaa.. perasaan baru kmrn ngelahirin dia ~_~

Langit udah bisa guling-guling ke sana kemari. meleng dikit aja udah ngegeledak di lantai deh (nangis hiks hiks)... udah pinter ngoceh juga, tapi kalo aku perhatiin sih ini anak kayaknya tipe pendiem deh kaya emaknya. tiap dibacain buku selalu perhatian sama gambar-gambarnya. semoga besok suka baca buku kaya emak-bapaknya ya Mas.

Nah menjelang 6 bulan ini aku udah excited aja masalah MPASI nya dia. heboh browsing ke sana sini tentang MPASI, trus pake metode apa, peralatan apa aja, resep2nya gimana, cara masaknya gimana, dll... Tapi yang paling penting sih Langit kudu lulus ASI exclusive dulu...

ini dia nih yang perlu direview. Dulu saat sebelum melahirkan, aku udah bertekad banget buat ngasih ASI full.. Dan alhamdulillah sampai hari ini Langit belum sampe minum sufor, meskipun aku pernah kecolongan si Langit diminumin sesendok teh sama eyang utinya (hiks.....). Nah dari sejak lahir juga aku udah mulai nyetok ASI tuh, sampe semangat sewa freezer segala dan beli botol exUC seabreg abreg. tapi ternyata di saat-saat ini nih aku baru menyadari ada hal yang seharusnya ga aku lakukan, yaitu: santai.
waktu masih cuti hamil, aku santai banget nyetok ASIPnya. sehari cuma sekali dua kali mompa. apalagi ketika stok udah menginjak angka 100 botol. waduh itu aku jumawa bener. bahkan pernah beberapa hari ga mompa. padahal justru saat-saat itulah yang kritikal utk nyetok. harusnya aku mompa sebanyak2nya, terutama saat Langit mengalami growspurt tuh.
saat mulai ngantor, aku udah mulai rajin pumping lagi sih. sehari tiga kali. tapi di sinilah kesalahanku yang kedua. saat awal-awal masuk kantor, produksi ASIku sedang sangat banyak, tp aku ga mengimbangi dengan banyaknya frekuensi mompa.  tiap hari aku hampir selalu tekor. keluar 7 botol tapi masuk hanya 5 botol. aku jumawa karena aku merasa stok ASIPku masih banyak. frekuensi memompa yang biasa saja, dengan kuantitas minum Langit semakin banyak dan stok yang setiap hari diambil terus menerus membuat aku sadar saat Langit udah 5 bulan bahwa stokku menipis. saat itulah aku baru meningkatkan frekuensi memompa, padahal produksi ASI sudah ga sebanyak dulu.

dududuud,,, penyesalan selalu datang terlambat. makanya nih tips penting untuk para ibu yang mau nyetok ASIP, rajin2lah dipompa saat produksi ASI masih banjir dan melimpah. karena ga selamanya produksimu akan sebanyak itu. produksi ASI bisa saja menurun kapan saja, we never know. jangan sampe kejar tayang, karena kejar tayang rawan stress dan stress ga bagus untuk produksi ASI.

well, sekarang aku udah pumping 5 kali sehari dengan stok yang kian menipis tapi semoga masih bisa mengantar Langit untuk lulus ASI exclusive. karena etape selanjutnya sudah menanti: MPASI.

fighting!!!

2kata temen-temen: